Google
 

Tuesday, March 25, 2008

Ayam Goreng Fatmawati

Quick Information

Franchise business type:
Restaurant

Franchise Fee: Rp. 22.000.000 / 3 tahun

Royalti: 5% dari omset bulanan

Capital investment: Rp. 75.000.000,- s.d. Rp. 300.000.000,-

Address:
Hotel Salak The Heritage Lt. 2
Jl. Ir. H. Juanda No. 8
Bogor 16121 – Indonesia

Phone: +62 251 347 620

Fax:
+62 251 347 608

Website: www.fatmawati.com

Email address: marketing@fatmawati.com


Detail Information

Restoran Ayam Goreng Fatmawati merupakan restoran dengan konsep ” semi fast food and semi self service ”, konsumen diberi kebebasan memilih menu dan jenis makanan yang akan dipesan, makanan diproses secara cepat dan disajikan langsung dari dapur. Makanan yang disajikan merupakan menu khas Indonesia dengan 100% kandungan bahan baku lokal dan kombinasi makanan ( food combining ) yang sangat apik, sehingga baik untuk kesehatan.

Maksud dan Tujuan kegiatan penyelenggaraan franchise AGFI adalah sebagai berikut:
  • Memberikan alternatif makanan sehat bagi masyarakat dengan kandungan bahan lokal tinggi.
  • Membantu calon investor yang berminat berbisnis restoran, tetapi belum mempunyai dasar yang kuat mengenai masakan, sistem management dan kontrol operasi restoran.
  • Memberikan kesempatan bagi para pengusaha dan investor untuk memasuki bisnis restoran agar mendapatkan keuntungan yang besar.
  • Mengembangkan franchise lokal yang terjangkau & berkualitas sehingga dapat membuka kesempatan baru dalam pengembangan bisnis restoran.
  • Memberikan kontribusi yang saling menguntungkan baik bagi franchisee, karyawan dan berbagai pihak yang terkait dalam penyelenggaraan kegiatan franchise Ayam Goreng Fatmawati Indonesia.
  • Memanfaatkan produk-produk pengrajin lokal dalam negeri dan mengolah bahan baku lokal menjadi produk makanan yang berkelas, lezat, sehat, nikmat, dan bergizi.
  • Membantu pemerintah dalam menurunkan tingkat pengangguran dengan cara membuka lapangan kerja baru.
  • Melestarikan resep-resep tradisional dengan sentuhan proses yang modern sehingga cita rasa masakan terjaga.
  • Meningkatkan daya saing produk-produk dalam negeri terhadap produk makanan luar negeri.
Hasil yang diharapkan antaralain sebagai berikut:
  • Memberikan peluang dan kesempatan kepada Investor/Pengusaha untuk mengembangkan restoran, dengan cara mendapatkan lisensi dan mengelola Restoran Ayam Goreng Fatmawati
  • Dapat memberikan keuntungan yang bersaing bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan dan operasional franchise AGFI terutama bagi Franchisee, sehingga investasi yang ditanamkan dapat kembali dan memberikan keuntungan.
  • Menurunnya tingkat pengangguran di Indonesia, sebagai dampak dari semakin banyak karyawan yang dapat dikaryakan dalam pengelolaan restoran.
  • Produk pengrajin lokal dalam negeri dan bahan baku lokal dapat dimanfaatkan dan diolah sehingga menjadi makanan yang lezat, sehat, nikmat dan bergizi yang dapat dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat.
  • Daya saing produk makanan dalam negeri, terutama restoran yang dikembangkan dengan sistem franchise semakin dapat bersaing dengan franchise luar negeri.
Why Should AGFI
  • Hasil survey kami menunjukan bahwa jumlah pelanggan untuk wilayah, Bogor , Tangerang, Jakarta , dan Batam sudah mencapai lebih dari 7 juta orang dan masih bertambah seiring dengan pembukaan outlet-outlet baru di seluruh Indonesia .
  • Menu yang ditawarkan disukai oleh anak- anak, dewasa, dan orang tua.
  • Disediakan bumbu siap olah yang sudah standard untuk semua outlet.
  • Bahan baku, peralatan restoran, dan peralatan dapur merupakan produk- produk kerajinan lokal.
  • Cita rasa masakan terjaga, didukung dengan pengembangan produk baru, evaluasi menu dan supervisi dalam cara pemasakan, pelayanan dan tampilan produk yang disajikan.
  • Sehat dan Higienis, terdiri dari nasi, kombinasi lauk yang kaya nutrisi, rendah lemak dan kolesterol dengan sayuran segar kaya serat.
  • Lengkap, tersedia aneka pilihan menu dan rasa.
  • Nikmat, dilengkapi dengan aneka ragam sambel khas fatmawati.
  • Lezat, diolah dari bumbu-bumbu alami pilihan yang diproses dengan teknologi modern sehingga cita rasa alami terjaga.
  • Bergizi, pengolahan yang tepat sehingga tidak merusak kandungan gizi.
  • Biaya franchise (lisensi) dan royalti relatif lebih murah dibandingkan dengan franchise sejenis.
  • Biaya operasional yang rendah sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih besar.
  • Omzet cenderung meningkat dari hari ke hari setelah restoran mulai di operasikan.




Konsep Franchise
  • PT. Ayam Goreng Fatmawati Indonesia memberikan lisensi kepada Franchisee dengan biaya lisensi Rp. 35.000.000,- untuk penggunaan merek dagang selama 5 tahun, ditambah dengan omset fee (royalti fee) sebesar 5% setiap bulan dari omset restoran. Atau
  • Bumbu yang digunakan merupakan bumbu instan standar Fatmawati yang terbuat dari rempah alami dengan proses yang higienis.
  • Seluruh kegiatan yang berlangsung di restoran Ayam Goreng Fatmawati diatur dengan prosedur operasi baku (SOP) yang telah ditetapkan oleh kantor pusat dan wajib diikuti oleh seluruh outlet.
  • Calon karyawan restoran harus mengikuti training sesingkat-singkatnya selama 2 minggu sebelum bekerja aktif di restoran.
  • PT. AGFI memberikan dukungan marketing berupa desain famplet, brosur, spanduk dan standirng board. Promosi secara keseluruhan Ayam Goreng Fatmawati disampaikan melalui millist, e-mail broadcaster, sms blaster dan website Fatmawati.
Investasi
Kebutuhan investasi secara umum dibedakan sebagai berikut :
Restoran dengan kapasitas 80 seats :
• Biaya Lisensi (Franchise Fee) Rp. 35.000.000,- (5 tahun)
• Peralatan Rp. 80.000.000,-
• Modal Kerja 1 Bulan Rp. 35.000.000,- (bumbu dll)
• Fitting Out Rp. 50.000.000,-
Jumlah Rp. 200.000.000,-

Foodcourt :
• Biaya Lisensi (Franchis e Fee) Rp. 35.000.000,- (5 tahun)
• Peralatan Rp. 45.000.000,-
• Modal Kerja 1 Bulan Rp. 20.000.000,- (bumbu dll)
• Fitting Out Rp. 15.000.000,-
Jumlah Rp. 115.000.000,-
Kebutuhan investasi tersebut belum termasuk renovasi gedung (bila diperlukan) atau sewa bangunan.

Bagi Hasil

Konsep bagi hasil yang dilakukan dalam kerja sama antra Franchisor dengan Franchisee merupakan konsep win-win solution, oleh karena itu Franchisor selaku pemegang hak intelektual merek dagang Ayam Goreng Fatmawati hanya mengenakan omset fee sebagai royalti dari pemilik restoran sebesar 5% dari omset makanan saja. Hidangan berupa minuman tidak dikenai fee, pemilik dan pengelola restoran diberi kesempatan untuk menyediakan menu-menu tambahan, tetapi harus mendapatkan persetujuan secara tertulis dari kantor pusat PT. Ayam Goreng Fatmawati.

Fasilitas yang disediakan bagi Franchisee adalah sebagai berikut:
  • Pelatihan SOP & Job Description Manager / Supervisor.
  • Dukungan Management Operational Restoran.
  • Pelatihan SOP & Job Description Pelayan dan Kasir.
  • Pelatihan SOP & Job Description Tukang Masak (Cook).
  • Pelatihan SOP & Job Description bagian minuman dan cleaning service.
  • Pelatihan Management Penanganan Peralatan dan Sampah.
  • Pelatihan Management Penanganan Bahan Baku dan Bahan Jadi.
  • Mempertahankan Pelanggan Seumur Hidup.
  • Pelatihan Strategi Promosi dan Pemasaran Restoran.
  • Pelatihan Pengolahan dan Produksi Masakan Secara Higienis dan Standar.
  • Pelatihan Pemilihan Bahan Baku.
  • Pelatihan Etika Kepegawaian Restoran.
  • Pelatihan Management Complaint.
  • Pelatihan Sanitasi Restoran.
  • Pelatihan Pengendalian Restoran.
  • Pendampingan pada saat pertama kali outlet buka.
  • Supervisi rutin.
  • Dan lain- lain.

No comments: