Google
 

Wednesday, March 26, 2008

Happy Puppy

Franchise business type: Family Karaoke

Franchise capital investment: Rp 2,5m for 15 rooms

Head office address:

PT Imperium Happy Puppy

Jl. H.R. Mohammad no 73B, Surabaya Jakarta

Phone: +62 31 7343388


Kenapa Memilih Usaha Karaoke (bernyanyi) ?

Karena bernyanyi tidak mengenal musim sehingga kita tidak perlu kuatir suatu waktu manusia bosan bernyanyi. Bernyanyi adalah hiburan pertama yang dianugerah oleh Tuhan YME untuk manusia dan akan terus diminati manusia sepanjang peradabannya. Manusia dilengkapi dengan kemampuan menciptakan lagu yang dinyanyikan dengan cara yang berbeda-beda dari jaman ke jaman. Lagu-lagu baru ini akan selalu membuat manusia untuk bernyanyi.

Home Theater Bukan Untuk Karaoke?
Banyak yang khawatir bahwa perkembangan teknologi home theater suatu saat akan membuat kita bernyanyi di rumah saja. Ini tidak akan terjadi karena sifat hiburan karaoke memerlukan "pendengar".

Dalam menikmati cerita sebuah film, umumnya seseorang ingin menikmati film itu sendiri, bahkan tidak ingin diganggu agar dapat mengikuti jalan cerita film dengan baik. Film itu dinikmati sendiri,

Lain halnya dengan berkaraoke, kita selalu memerlukan "pendengar". Rasanya lucu bernyanyi sendiri. Dan di rumah. Secara alamiah, sebenarnya manusia selalu ingin berbagi suasana dengan orang lain tetapi malu bila mengatakan secara langsung. Kalau kita sedih, kita akan bernyanyi lagu sedih. Kita ingin "pendengar" kita memahami bahwa kita sedang sedih. Oleh karena itu, Tempat karaoke menjadi pilihan berkaraoke daripada bernyanyi di rumah.

Karaoke Keluarga, Bisnis Hiburan Tanpa Masalah
Karaoke Keluarga bukan hiburan malam melainkan hiburan keluarga. Dari mulai denah ruangan yang didesain dengan jendela kaca tembus pandang, desain interior yang terang benderang, tidak disediakannya pendamping wanita dan tata cara pelayanan yang sopan tapi tegas, serta Market Segment yang dibidik adalah konsumen yang benar-benar datang ke tempat karaoke dengan tujuan semata-mata menyalurkan hobi bernyanyinya, maka sebuah Karaoke Keluarga tidak pernah mengalami masalah-masalah keamanan seperti hiburan malam.
Back to top

Kenapa Memilih Waralaba Happy Puppy ?
Happy Puppy adalah Karaoke Keluarga yang pertama didirikan di Indonesia pada tahun 1992. Untuk itu Happy Puppy dan Pendirinya, Santoso Setyadji, mendapat Sertifikat Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pelopor Karaoke Keluarga di Indonesia. Merek usaha Happy Puppy sangat dikenal konsumen Indonesia dalam usaha Karaoke keluarga.

Pengalaman membangun dan mengoperasikan Karaoke Keluarga sejak tahun 1992 merupakan hal yang penting ketika anda memutuskan untuk berinvestasi di bidang Karaoke Keluarga. Pengalaman ini akan membuat investasi anda tidak dilakukan dengan cara trial and error mulai dari saat membangun outlet sampai dengan pengoperasiannya. Singkatnya investasi dapat dilakukan secara efisien dan efektif.

Demikian pula, menjalankan sebuah usaha secara sendiri dan cara waralaba adalah 2 hal yang sangat berbeda. Happy Puppy Karaoke Keluarga telah berpengalaman dalam menjalankan usaha Karaoke Keluarga dengan sistim waralaba (franchise) sejak tahun 2000. Saat ini, sudah 20 outlet dioperasikan dengan cara waralaba.

Hal yang perlu diperhatikan dalam waralaba Happy Puppy Karaoke Keluarga
Tanggung-jawab Happy Puppy dalam sebuah kerjasama waralaba adalah memproduksi sebuah produk Karaoke Keluarga dengan merek terkenal Happy Puppy yang terbukti dapat diterima oleh masyarakat diberbagai daerah.

Persoalan seorang peminat waralaba adalah masalah pasar tempat di mana peminat tertarik untuk membuka usaha Karaoke Keluarga. Peminat harus menggunakan keputusan bisnisnya secara hati-hati apakah produk Happy Puppy (yang diminati oleh konsumen di daerah lain), juga akan diminati di pasar yang dimaksud. Singkatnya, peminat harus mengetahui pasar secara luas dan dalam. Makanan yang enak di sebuah daerah belum tentu dirasakan enak juga di daerah lain. Hal ini sebaiknya diperhatikan oleh Peminat Waralaba.

Berapa investasi yang dibutuhkan untuk mendirikan Happy Puppy
Biaya pendirian sebuah outlet di luar penguasaan tempat (minimal 5 tahun), bangunan, perubahan struktur bangunan, peningkatan daya listrik, pengadaan generator listrik cadangan dan perijinan adalah kurang lebih Rp 2,5 Milyar untuk kapasitas 15 ruangan bernyanyi. Sebagai dasar perhitungan penyediaan dana investasi, Peminat harus mempersiapkan dana sebesar Rp 170 Juta untuk satuan kapasitas ruangan karaoke (Oktober 2007).

Biaya satuan kapasitas tersebut bukan semata-mata barang-barang yang dapat dilihat mata dari sebuah ruangan, tetapi merupakan biaya-biaya keseluruhan dari proses pembuatan partisi sampai outlet tersebut siap dioperasikan secara komersial. Dalam biaya satuan kapasitas, biaya bagian-bagian investasi yang manfaatannya digunakan oleh seluruh ruangan, misalnya Toilet, Dapur, Shopfront, Biaya Lisensi dll. dibagikan ke masing-masing ruangan karaoke.

Idealnya, diperlukan 2 buah ruko dengan lebar masing-masing 5 meter dan luas bangunan seluruhnya antara 400m2-500 m2. Lama pembangunan outlet diperkirakan 7 bulan.

No comments: